Sunday, June 1, 2014

One Day One Page

29 May 2014,

Assalamualaikum,
Finally! Bisa post something lagi di blog. Akhirnya sempat juga.. ;D Even lagi libur panjang, tapi teuteuup schedule padat merayap silaturahim sama banyak temen-temen, jadi sulit menyempatkan diri buat posting.
Anyway, hari ini salah satu hari yang luar biasa loh. Kenapa? Karena baru khatam Qur'an sama temen-temen di grup BBM.
Awal mula cerita, pernah denger kan gerakan One Day One Juz (ODOJ) untuk membiasakan baca Qur'an sebanyak satu Juz per hari. Nah, setelah di kantor ada pengajian rutin ibu-ibu tiap hari kamis, ustadznya mengusulkan inisiatif untuk ODOJ setiap pertemuan pengajian. Sistemnya, satu Juz dibagi jumlah orang yang datang ke pengajian, kemudian mulai bersamaan biasanya berpasangan supaya bisa saling memperhatikan bacaannya. 
Setelah beberapa bulan pengajian berjalan, akhirnya ada grup pengajian di BBM, dimaksudkan supaya memudahkan untuk tanya jawab atau sekedar berbagi ilmu soal agama dan beribadah. Setelah jalan beberapa minggu, selain share soal tausiyah dan tanya jawab soal beribadah, tambah satu room chat lagi dengan judul ODOP (One Day One Page).
Awalnya dibagi satu halaman satu orang, tapi kemudian agar lebih rapi pembagian berdasarkan jumlah ayat dibagi jumlah orang secara rata. Setiap orang yang telah dibagi ayat dan telah selesai membaca harus lapor sama admin, setelah seluruh anggota selesai membaca room chat baru ditutup. Pembagian ayat biasanya dimulai jam 9 pagi, kemudian ditutup pada jam 10 malam. Apabila ada yang tiba-tiba berhalangan, maka bagian ayat orang tersebut akan dilelang sama anggota grup lain yang bisa meneruskan.
Alhamdulillah nggak sampai sebulan, udah khatam dan udah mulai bacaan baru lagi. Seru dan memotivasi satu sama lain untuk lebih giat membaca Qur'an. Selain itu, ODOP di grup BBM bisa mengalihkan kita untuk berkegiatan positif, menjauhkan diri dari kegiatan kurang bermakna, dan menjadi reminder untuk mengusahakan membaca Al Quran setiap hari.

Alhamdulillah, grup pengajian di BBM sangat bermanfaat dan positif. :')
Semoga bisa jadi inspirasi positif untuk teman-teman muslim yang lain..

XOXOXO,
Galuh Fajriyah Galura
 

No comments:

Post a Comment