Monday, December 24, 2012

fun-TASIK-ally foodestrian..

Yaiy..
Long weekend (rasanya buat pengacara kayak saya everyday is a weekend), nggak mau kalah sama orang-orang yang berbondong-bondong menuhin jalan Bandung, bareng keluarga sama runaway escape dulu ke kampung halaman.
T-A-S-I-K. Tempat dear daddy menghabiskan masa kanak-kanak. Psst.. yang dikatain kampung halaman ini sama sekali jauh dari kesan pedesaan dimana sawah menghampar loh.. :D
Bahkan sekitar 500m dari rumah udah bisa nemu mall. But still.. It's one of my hometown.
Bicara soal Tasik ini, mirip juga sama Bandung. Kulinernya jadi buruan orang-orang luar Tasik, terutama yang dari Jakarta. Nggak heran, harga-harga makanan disini malah kadang lebih mahal dari kaki lima di Bandung.

Breakfast..
Ritual banget, setiap sarapan di rumah emak yang di tasik pasti disediain makanan beratnya berupa nasi sama sate sapi, pleus petis tahu. Tapi yang selalu dinanti-nanti dan jadi rebutan adalaaaahhh.....
Surabi Polos??
Nope..
sambal oncom
Sebenernya sambal oncom versi kering lebih enak n lebih pedes, cuma kemaren emang tersedianya sambal yang basah, but still.. yummy!
oncom over the surabi :p
take a bite, again and again..
Meski di Bandung ada, tetep aja feel nya beda kalo pas makan di kampung halaman tercinta.. :p
Eh nggak lupa, cemilan favorit!
rempeyek a.k.a kasreng kacang

Lunch..
Sebenernya nggak lunch juga sih, karena masih keitung pagi.. Brunch mungkin yah..
Nah lokasi ini pasti familiar banget buat orang-orang yang suka kuliner di Tasik. Jalan Kalektoran udah kaya pusat kulinernya Tasik. Lokasinya juga strategis deket sama Mesjid Agung.
Sepanjang jalan ini banyak kios-kios makanan, dari mulai kolak, rujak, kupat petis, bubur, so on..
Yang paling sering didatengin kalo kesini adalah..
Sebenernya sih banyak tempat lainnya, cuma entah kenapa si mama jatuh cinta sama tempat ini. Dan emang cenderung lebih gede space nya dibanding kios yang lain.
Kupat Tahu
tahunya bukan tahu biasa loh.. ;D
dilengkapi kerupuk yang hits, Si Geboy!
Buat makanan berat, disini juga ada pilihan lain yaitu petis pake lontong (petis disini itu maksudnya lotek yang isinya sayur-sayuran).
Setelah super kenyang sama satu porsi kupat tahu, nyicip jajanannya mama. Kolak! Yang unik disini itu punya bubur kunyit di salah satu menu kolaknya.
Bubur Kunyit feat Bubur sumsum

Kolaknya ada macem-macem, bisa pilih-pilih juga mau yang mana aja. Dan yang pasti enaaaaak! :D Rujaknya juga must try banget! Masih di jalan yang sama, ada satu kios yang jualan es sirop kombinasi, must try juga! Apalagi cuaca di Tasik yang emang sedikit gerah. Psst.. Saking ramenya musim lebaran, kadang kalo dateng ke Kalektoran lebih dari jam 10, biasanya udah banyak yang abis menunya loh.

Rainy Afternoon..

Tasik kota bakso! Aseliiiii banget deh, tiap beberapa meter pasti nemuin tukang bakso, entah itu kios maupun yang bawa roda. Sebenernya nggak punya langganan spesifik tukang bakso di Tasik, nggak sengaja si papa liat tukang bakso babat dengan roda segede gaban, disuruh dateng ke deket rumah. Tadinya males-malesan, setelah ngintip pesenan orang jadi tertarik.. :p
Yamin Asin + Pangsit Goreng
completed with daun bawang + ayam cincang
mie nya enyaaaak :9
pangsit goreng
ayam cincang sembunyi di dalem si pangsit goreng :9
bakso kuah + pangsit rebus + babat!

Asli ini mie enak bangeeeet! Penjualnya Mas Wahyu kalau nggak salah, suka mangkal di daerah Cempaka Warna, porsinya seubug" kalo nggak laper-laper amat mending pesen setengah porsi deh.. :D
Sambelnya diam-diam jadi pedas! :p
Baksonya sih kecil-kecil, tapi whole of menu bakso ini enak.. :9

Yess, can't wait to explore more foodestrian at Tasik.
Any recommendation??

XOXO,
Galuh Fajriyah Galura

No comments:

Post a Comment