Monday, August 5, 2013

Ballet as beauty health sport, Arabesque Ballet Studio Bandung

5 August 2013,

Inget film Black Swan? ;)
Para wanita yang nonton pasti teringat lagi sama cita-cita masa kecil Ballet Dance. Ballet yang anggun, lemah gemulai, campuran dari olahraga dan seni. Mungkin kalau selintas dilihat, dalam Ballet lebih banyak seni-nya, tapi kalau dirasain sendiri itu bener-bener olahraga loh. 
Aku tipe orang yang bosenan, kaya misalnya nge-gym pake treadmill yang diem begitu aja adalah BIG NO. Bosan. Dan lebih kerasa lama-nya. Berhubung di perkuliahan nggak ada mata kuliah olahraga, otomatis kurang olahraga banget. Sempet coba muaythai cardio class, tapi karena nggak kuat sama cape-nya akhirnya berhenti. Tadinya sempet berniat buat ikutan sanggar tradisional gitu, eh gatau kenapa malah nyasar ke studio balet. :p
Awalnya mikir kalau balet itu pasti kebanyakannya untuk anak-anak kecil, tapi ternyata enggak, sampe usia 25 tahun juga masih bisa balet malah. Ikut classical ballet class yang pertemuannya seminggu dua kali. Dan seru juga, meski campur sama anak-anak kecil (waktu aku ikutan yang adult di kelas pemula-nya cuma aku sama temen aku, makanya dicampur, kalau sekarang lebih banyak adult-nya jadi kelasnya dipisah). 
Awal-awal emang agak susah buat mengikuti karena badannya kaku dan udah lama nggak olahraga. Tapi lama kelamaan badannya lentur sendiri kok. ;) Fyi, dari yang aku rasain, selain bikin badan lebih lentur balet itu ngefek banget sama bagian kaki. Posisi balet yang selalu tegak juga ngebenerin postur tubuh yang bungkuk jadi tegak loh.
Kalau aku bandingin sama gym ataupun olahraga sebelumnya yang pernah aku coba, kalau untuk cewek aku lebih recommend balet. Kenapa? Karena selain menjaga kebugaran, kayak judulnya yaitu beauty health sport, bikin postur tubuh tegak dan benefit lainnya yang bagus buat kecantikan. Selain itu juga suasana yang fun, ditambah musik klasik bisa jadi refreshment juga. Balet juga tentang belajar fokus dan menjaga keseimbangan, belajar synchronize antara pikiran dan gerakan, so menurut aku balet juga bagus untuk otak. Dan satu lagi, ketika aku coba olahraga lain luar biasa cape dan berkeringat, tapi balet menghasilkan keringat yang sama banyaknya malah nggak kerasa lelah-nya loh. ;)
 
Studio balet yang pernah aku coba itu Arabesque Ballet Studio di jalan cilaki (tapi sekarang udah punya cabang di kopo sama di setiabudhi loh). Sistem latihannya asyik, coach-nya juga baik-baik. Studio-nya nyaman dan bersih. Waktu awal daftar kita dapet seragam latihan, leotard, stocking, skirt, sama soft shoes. Nanti juga ada leveling kelasnya, dari awal newbie diajarin yang basic, sampai nanti akhirnya berupa satu tarian dan bakalan dapet point shoes (sepatu balet yang diujungnya ada kayunya). Arabesque juga kerjasama sama balet luar negri buat ngadain ujian internasional setiap tahun. Dan yang seru, suka ada overseas summer camp-nya. Nah, di Arabesque Ballet Studio juga tiap beberapa bulan sekali ada performance dari anak-anaknya dengan tema yang beda-beda.

Aku udah beberapa lama berhenti balet (TIDAK UNTUK DICONTOH LOH... :p), tapi percaya atau nggak kaki aku masih kerasa kenceng. *semoga soon bisa balet lagi yah.. ;) *. Fyi, buat cewek-cewek berhijab juga bisa kok ikut balet, karena mayoritas perempuan disana.  

Masih penasaran sama balet? Langsung aja dateng ke Arabesque Ballet Studio, bisa coba free trial-nya loh. ;)

Because be a ballerina is every girl's dream - Arabesque Ballet Studio
 
XOXOXO,
Galuh Fajriyah Galura

1 comment: