Friday, August 16, 2013

Hometown's Delicate : Tasik Kota Bakso?

16 August 2013,

Waktu ngobrol sama temen pas lagi mudik, eh temen minta oleh-oleh bakso. Bingung yang ada, kenapa malah bilang minta oleh-oleh bakso. Katanya dia kan Tasik terkenalnya sama bakso. Di Bandung banyak tukang bakso yang melabeli bakso-nya itu bakso Tasik. Masih bingung, karena setau aku, bakso itu adanya juga bakso solo. :p
Tapi, ngomong-ngomong Tasik Kota Bakso, kayanya ada benernya juga. Tiap beberapa meter ada tukang bakso. Pokoknya nggak susah deh kalau cari tukang bakso di Tasik.
4 hari di Tasik, empat kali pula makan bakso. :p Dari empat bakso yang dimakan, masing-masing punya ciri khas sendiri. Beda-beda rasanya. Cuma sayang, yang sempet difoto cuma ada 3 bakso.

1. Bakso Babat Bangkit
Nah kalau yang ini adanya pinggir jalan Indihiang. Rame banget pengunjungnya tempatnya. Mungkin karena lokasinya strategis di pinggir jalan pleus parkirnya gampang. Diliat dari judulnya udah pasti banget ini bakso macem bakmie-bakmie gitu. And voila! Yes! Macem bakmie-bakmie gitu. Setelah nunggu cukup lama (banyak pengunjung jadi nunggunya lama). Akhirnya dateng deh itu bakso. Bakso-nya sih biasa aja, mirip sama yang lainnya, yang beda itu mie-nya. ENAK BANGET! Kenyal sama rasanya juga enak. Kebagian duduk paling dalem, ngedenger bunyi mesin-mesin gitu, eh ternyata itu suara mesin penggiling mie. Ternyata mie-nya produksi sendiri, pantesan enak and beda dari yang lain.
Eh eh eh, kenapa yah kalau daun bawang yang ditabur di bakmie-bakmie gitu suka wangi banget dan emang beneran bikin rasa mie-nya tambah enak? ;)
Bakso Babat Bangkit tanpa Babat :p
Sambel ijo, :9

2. Bakso Kurdi
Ini bakso terkenal banget! Entah kenapa pasti banyak yang ngantri di tukang bakso ini. Ciri khas-nya sayurnya pake kol, beda sama bakso-bakso yang lain. Nah, yang lebih spesifiknya lagi, bakso-nya itu keras, tapi tetep banyak banget yang ngantri. Mungkin karena adonan bakso-nya juga rasanya lain daripada yang lain. Bakso-nya kecil-kecil, kemarin belinya yang isinya gajih, jadi baksonya nggak terlalu keras.
Bakso Kurdi
Bakso isi gajih
3. Bakso Kamil
Hihi.. Liat judulnya, nggak tahu deh ini tukang bakso siapanya Ridwan Kamil. :p
Tadinya under estimate sama bakso ini, eh tapi-tapi, ENAK! ENAK banget malah! Baksonya emang mungil-mungil, tapi adonannya enak banget, kerasa dagingnya. Chewy banget baksonya, mie-nya juga enak, sambelnya juga cocok. :D
Bakso Kamil
Dan setelah bakso-bakso-an melulu, selamat jadi bakso sawask-awak. :p
Salam Bakso!

XOXOXO,
Galuh Fajriyah Galura




1 comment:

  1. sekedar info untuk sekarang mie baso bangkit ada di jalan Paseh no 268 Tasikmalaya, thanks

    ReplyDelete