Monday, August 19, 2013

Never Goes Wrong with My Skin..

19 August 2013,

Sering banget dapet pertanyaan 'perawatan wajah dimana?' atau 'kulitnya pake apa sih?'. Dari mulai sodara, temen, sampe karyawan di kampus dulu. Hihi. Jawabannya: Nggak ke skin care kok atau cuma cuci muka kok. Well, mungkin aku bakalan sharing beberapa habit yang sepertinya sih yang paling mungkin menghasilkan kulit aku jadi begini.

  • Ember Bocor. Ya! Aku tipe ember bocor, tapi nggak sembarang bocor loh yah. Cuma bocor di air putih aja. Aku adalah orang yang rajin banget bawa bekel minum air putih. Begitu juga dirumah, rasanya lebih dari 8 gelas per hari minumnya. Dan aku juga sangat membatasi minum-minuman kemasan, soda, ataupun minum-minuman yang pake pemanis buatan. Oh iyah, tiap sebelum tidur aku nyempetin minum air hangat ditambah perasan buah lemon. Lemon dipercaya bikin kulit glowing loh. ;)
  • Be a frutarian. Eits, bukan ngiklan loh.. :p Makan buah-buahan segar bagus untuk kulit loh. Selain itu juga positifnya bisa menyumbang vitamin supaya tubuh kita jadi bugar. Aku lebih menyarankan buah segar dibanding jus yang udah dicampur sama gula berlebih. Karena buah segar aman buat dikonsumsi sering-sering, sedangkan kalau keseringan konsumsi jus buatan nanti bukannya kinclong kulitnya, malah diabetes yang ada. :)
  • Menjaga kebersihan. Jangan males-males buat bersihin muka, apalagi abis pergi-pergi, dimana kemungkinan debu-debu menempel di wajah. Terus rajin cuci tangan sebelum sentuh wajah, apalagi kalau lagi berjerawat. :D
  • Minimalisir penggunaan make up. Aku tipe cewek yang suka make up minimalis. Kalau yang satu ini mungkin ga semua bisa, karena ada yang mungkin pekerjaannya menuntut buat pake make up maksimal. Sekedar saran, mungkin bisa dipilih dari jenis make up dengan kandungan kimianya yang nggak terlalu berat, supaya aman dipake sering-sering.Cari produk yang cocok, kalau sekiranya malah bikin kulit alergi, jangan maksain. Betewe, make up buatan luar belum tentu cocok sama keadaan iklim kita yang tropis loh. Dan.. yang cocok di orang lain belum tentu cocok di kita. :)
  • NO FAD DIET. Diet ketat sampe nggak makan sama sekali itu adalah SALAH BESAR. Selain kita jadi nggak fit dan nggak punya energi, malah bikin kulit kusam.
  • JANGAN tergoda sama produk yang mengiming-imingi hasil yang instan. Takut nggak sih, sama produk yang menjamin hasilnya instan, kebayang nggak kandungan kimianya sebanyak apa? 
Nah.. Dan ini produk-produk yang aku pake;
  • Produk cleanser yang aku pake: Clean & Clear Daily Pore Cleanser, Viva Susu Pembersih dan Face Tonic Greentea.
  • Produk pelembab yang aku pake: Olay Natural White. (Sebenernya sih cocok-cocokan, cuma udah terbukti sama beberapa temen yang konsisten pake olay, kulitnya mulus dan lebih cerah).
  • Produk daily make up yang aku pake: Marcks Venus loose powder, Wardah loose powder
  • Produk make up yang kadang aku pake: Silky Girl gel eyeliner, Silky Girl blush on, Wardah eye shadow, Maybelline eye shadow.
Well, buat produk-produk diatas itu sifatnya cocok-cocokan ya. :) Kalau udah cocok sama produk yang sekarang dipake, mending jangan coba-coba yang lain. :)

Sebetulnya adalagi tips lain, cuma aku belum bisa menerapkannya di kebiasaan sehari-hari. :p
  • EAT CLEAN. Pernah denger? Pasti udah bosen banget deh denger ini. Eat clean, dengan mengurangi goreng-gorengan maupun msg, dan jajanan-jajanan gitu. Susah banget kan? Tapi-tapi, ini berpengaruh banget loh. Ada sodara yang baru sembuh dari sakit parah, yang akhirnya bikin dia terpaksa eat clean, dan voila sekarang kulitnya mulus banget! Bercahaya dan lebih kelihatan segar. Dare to try? ;)
Well, inti dari semua tips ini adalah how to keep your body health dan sebagai bonusnya adalah kulit yang sehat. Inget loh KULIT SEHAT. Soal warna kulit, apapun itu itu adalah hadiah dari Allah. Yang penting gimana kita menjaganya supaya bersih dan tetap sehat. Dengan sehat, sudah pasti terlihat cantik kan? ;)

Have a try!

XOXOXO,
Galuh Fajriyah Galura

No comments:

Post a Comment