Sunday, September 1, 2013

Kari, Kare, Curry?

1 September 2013,

Holla! Its been a bit long time, no posting. :D
Kebetulan sok sibuk minggu lalu, dan kebetulan banyak silaturahim sama temen-temen yang pada intinya makan di banyak tempat. :p
Kemarin baru aja makan ramen kuah kari, jadi terpikir untuk bikin kompilasi beberapa meni kari yang pernah dicoba. Sebelumnya, lirik dulu yuk darimana sih si kari ini. :D

Kari adalah nama untuk berbagai jenis makanan yang dimasak dengan rempah-rempah hingga mempunyai rasa tajam dan pedas. Kari adalah masakan asal Asia Selatan, terutama dari India yang telah meluas ke seluruh negara di kawasan Asia Pasifik dan Eropa.
Bumbu dan rempah-rempah yang digunakan untuk membuat kari sangat beragam dan tidak terbatas pada ketumbar, kunyit, merica, cabai, bubuk paprika, jintan, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, kelabet, adas manis, daun salam koja, dan cengkeh. Jenis rempah-rempah yang digunakan bergantung jenis kari dan negara asal masakan. Bubuk kari (curry powder) atau masala adalah campuran dari berbagai jenis bumbu dan rempah yang pertama kali dibuat oleh orang Inggris pada zaman Kemaharajaan Britania karena rindu dengan kari India.
Dalam bahasa-bahasa Dravida, kari berarti sayuran dalam saus atau saus. Kata kerja karughi dalam bahasa Tamil berarti menggoreng dengan minyak banyak (atau membakar). Dalam bahasa Kannada, kari juga menggoreng atau hidangan gorengan. Dalam sebagian bahasa-bahasa India Selatan, kari secara harfiah berarti lauk (berbagai macam masakan sayuran dan daging) yang dimakan bersama nasi atau roti. Di negara-negara Barat, curry telah menjadi kosa kata bahasa Inggris untuk semua jenis masakan khas Asia Selatan dan Asia Tenggara yang dimasak dengan berbagai rempah-rempah.
Kepopuleran kari telah menyebar dari anak benua India ke dalam khazanah masakan dunia. Setiap negara memiliki jenis kari khas yang disesuaikan dengan selera orang di negara itu. Kari telah menjadi makanan dunia, dan diadopsi ke dalam masakan Thailand, masakan Inggris, dan masakan Jepang. (source: http://id.wikipedia.org/wiki/Kari)

1. Mie Reman Kuah Kare
Di tengah-tengah menjamurnya kuliner berbau ramen di Bandung, munculah si Mie Reman ini. Mie ramen dengan harga terjangkau dan punya level pedas yang bikin banyak penggemarnya rela antri buat menikmati semangkuk mie reman. Sebenernya jenis kuahnya macem-macem, cuma emang aku lebih tertarik untuk coba yang kuah kare. Level pedesnya pilih yang nomer 2, cukup bikin bibir seksi. :D
Untuk yang biasa itu, isinya ada mie sama baso ikan pleus sayurnya itu brokoli. Nah, bisa tambah topping berupa sosis atau katsu. Rasanya? Enak! Cocok sih sama kantong mahasiswa. :D Mie nya juga nggak biasa aja, pedesnya uwow. Kuahnya yang encer emang nggak terlalu berasa kari-nya, tapi worth to try kok. ;)
Yang mau nyoba bisa langsung ke Mie Reman di deket UNPAD dipatu ukur atau ke cabangnya yang di jalan Braga.
Mie Reman Kuah Kari
2.Ramen Kuah Kari by Sushi Sio (Rumah Lezat Simplisio)
Nah tempat makan ini salah satu favorit yang paling baru. Makanannya banyak banget macemnya, sampe bikin bingung mau pesen yang mana. :D
Sushi Sio merupakan divisi makanan Jepang dari grup-nya Rumah Lezat Simplisio. Masih dalam soft opening, aku nyoba ramen kuah kari pedas level 2, dengan toping bakso salmon.
Isi semangkok ramennya ada mie, telur, chikuwa, sayuran (wortel dan jamur), nori, nggak lupa bakso salmonnya.
Rasanya? Enak hingga tetes terakhir! :p
Porsinya pas nggak terlalu banyak nggak terlalu sedikit, kenyang puas banget pokoknya! Kuah kari nya juga pas, light tapi tetep berasa rempah-rempahnya. Mie nya nggak terlalu lembek, tapi chewy. Cocok banget deh pokoknya. ;)

Ramen Kuah Kari ala Sushi Sio by Rumah Lezat Simplisio
Mie-nya kenyal, nggak terlalu lembek. Kuah karinya nendang! :9
3. Nyonya Kare Spaghetti by Pizza Hut
Yang aku suka dari resto franchise ini adalah sering inovasi, banyak kejutan-kejutan meski tetep banyak orang kesana bertujuan untuk makan pizza. Banyak pilihan side dish yang bikin pengen coba banyak. Nah, memeriahkan suasana lebaran, resto ini mengeluarkan beberapa menu yang masih sedikit identik dengan cita rasa makanan khas lebaran. Salah satunya ini yang aku coba, Nyonya Kare Spaghetti. Terdengar begitu menggoda! Kebayang kan gimana rasanya spaghetti yang berpadu sama Kare yang penuh dengan berbagai rempah?
Menu ini bener-bener wajib untuk dicoba!
Seporsi spaghetti yang dibumbui kare yang kental tapi light, ditambah chicken ribs yang empuk dan tasty yang sebelumnya udah dimarinasi dengan bumbu kare. Gimana? Bikin ngiler bukan? ;) 

Nyonya Kare Spaghetti by Pizza Hut
Tasty Kare Spaghetti! Nyum!
4. Beef Curry Udon by Kedai Ling-Ling
Nah, diantara semua menu kari diatas yang aku coba, ini yang paling favorit banget! Kenapa? Karena bener-bener kari rasanya. Kuah super kental, ditambah potongan daging pleus potongan kentang yang dimasak sewaktu dipesan. Dulu waktu masih berupa ramen bar, aku seneng banget liat cici-nya masak kuah karinya sampe meletup-letup gitu di wajannya.
Berhubung ini makanan modifikasi a la jepang, isinya nggak jauh beda sih sama ramen-ramen gitu. Yang bedain disini, untuk karbo-nya pake udon, sayurannya ada kentang, jamur, wortel, chikuwa dan naruto, nggak lupa potongan daging sapi.
Kuahnya yang kentel banget emang nggak terlupakan, enak banget asli! Apalagi dimakan waktu masih anget, berasa lagi di India gitu deh. :p
Beef Curry Udon by Kedai Ling-Ling
Coba lihat kuah kari nya yang begitu kental and tempting! ;)

Selamat ber-kari-kare-curry yah.. ;)
Percaya deh, kari adalah salah satu penemuan makanan terhebat sepanjang masa!
 
Alhamdulillah so happy tummy!

XOXOXO,
Galuh Fajriyah Galura

No comments:

Post a Comment