Tuesday, September 17, 2013

Yang Muda Yang Berkarya

17 September 2013,

Beberapa bulan yang lalu dapet kesempatan buat dateng ke event Creation UNPAR. Event lomba entrepreneur buat anak-anak SMA. Ada dari bidang pakaian sama kuliner. Sempet ikutan baca proposal anak-anak SMA yang ikut lomba bidang kulinernya. Amazed banget. Proposalnya berisi konsep produk, merk, design kemasan, sampai ke hitungan analisis bisnisnya. :D Luar biasa sekali bukan.
Jadi inget dulu zaman SMA, sempet jualan makanan. Emang sih margin keuntungannya nggak seberapa, tapi ada rasa seneng buat ngejalaninnya. Waktu dateng ke event ini ngerasa takjub banget, mungkin dulu pas zaman aku SMA belum kepikiran setting bisnis dengan detail seperti ini, dan sayangnya dulu nggak ada lomba kaya gini. Ditambah lagi karena sekarang terbuka banyak kesempatan di bidang entrepreneur yang lagi gencar-gencarnya dipromosiin. Anak-anak muda zaman sekarang jadi jauh lebih kreatif dalam berkreasi.
Munculnya banyak entrepreneur yang sukses di usia muda, jadi role model positif buat anak-anak muda berkarya, nggak cuma wasting waktunya untuk hal yang nggak jelas. But still, education is number one. :) Selesaikan sekolah. Meski mungkin banyak cerita tentang yang sukses meski pendidikannya nggak tinggi. Lalu aku nggak sengaja menemukan jawaban untuk pernyataan tersebut, sekolah tinggi, dengan memiliki ilmu dan nalar hitung yang baik, membuat kesuksesan lebih mudah diraih dan meminimalisir trial error dalam usaha sehingga waktu yang dibutuhkan lebih efisien. Last but not least pantang menyerah merupakan mental yang dibutuhkan seorang entrepreneur. Pernah denger kan kalau sesuatu yang besar itu dimulai dari langkah kecil? ;)

Nah, beberapa produk yang ada waktu di event Creation;

MOCHIPOP
Mochi Tower a la Mochipop
MOCHIPOP : Mochi yang dimodifikasi dengan isian berupa brownies.
Mr. Marli
Mr. Marli: Ravioli (Pasta dengan isian) yang dimodifikasi dengan bumbu macem-macem, dibungkusnya pake daun pisang loh ;)
The Cookie Project : Cookies dengan variasi topping.
C'Rockets : Kroket yang dimodifikasi dengan isian kentang.
*Sebenernya ada beberapa produk lain juga, cuma sayang file-nya corrupt. :'(

Semoga menjadi inspirasi yang baik. :)

XOXOXO,
Galuh Fajriyah Galura

No comments:

Post a Comment