Monday, July 1, 2013

Cara Menurunkan Berat Badan (dengan sehat)

1 July 2013,

Semalem chat sama temen aku yang namanya Mayang, suka banget nge-gym, tadinya cuma tanya-tanya soal gym, tapi nyambungnya kemana-mana. Aku juga dapet tambahan info kalau sit up yang sebelumnya aku pikir bisa meratakan perut, ternyata kenyataannya TIDAK. Dia sampe bilang 'aku kasih semiliar kalau 5000x kamu sit up perut bisa rata. Sit up sendiri berfungsi buat menambah massa otot. Abis itu aku dikenalin sama pacarnya, Bobby, yang lebih expert soal gym. Ngobrol lumayan banyak seputar daily routine, yang pada intinya aku pengen menurunkan berat badan. Kalau dilihat dari index massa, berat aku masih masuk ke dalem ideal. Nah ditanya soal tujuan nge-gym apa, yah pastinya pengen lebih bugar, badan yang berbentuk jadi bonusnya. Badan ini emang kerasanya kurang enak dan lebih sering gampang capek dan sakit. Setelah ngobrol, dikasih routine simple untuk di pagi hari, here I share with you;

1. Bangun pagi, setelah itu minum air putih
2. Siap-siap olahraga, stretching ringan
3. Jalan santai selama 3 menit
4. Lari konstan selama 12 menit
5. Istirahat dulu 3 menit
6. Latihan kombinasi selama 35 menit, antara;
a. Lunge: sebelah kaki 90 derajat, kemudian naik turun (lakukan kanan dan kiri).
b. Sit up
c. Planks: Posisi tubuh mirip push up, tapi badan ditopang oleh lengan.
d. Push up
e. Squat: Jongkok dan berdiri secara bergantian (temen aku bilang ini yang paling efektif buat meratakan perut).
7. Routine dilakukan setiap hari, setiap pagi. Ketika mulai terbiasa, latihan bisa ditingkatkan lagi.
8. Jangan timbang berat badan, tunggu pendapat dari orang di sekitar aja.

Selain dikasih routine, dikasih tips soal eating habit;
1. Makan 4-5 kali sehari dalam porsi cukup (nggak kurang dan nggak berlebih).
2. Jangan tunggu sampe lapar baru makan.
3. Kalau kerasa lemes, berarti frekuensi makannya ditambah
4. Makan malam dan makan enak itu boleh banget! Selama selalu bergerak.
5. Ngemil diantara makan berat. (Cemilan sehat: Buah, oatmeal, roti gandum, atau biskuit)
6. Rajin minum air putih

Routine nya sebenernya cukup sederhana, yang susah itu membiasakannya. Bikin target dan punya tujuan bikin lebih semangat, apalagi kalau hasilnya udah keliatan pasti tambah lebih semangat. Nggak mau kan masih muda malah kena penyakit macem-macem atau lemes melulu. At the end, tujuan utama adalah punya tubuh sehat dan bugar, badan yang terbentuk bagus itu merupakan bonus.

Well, I'm going to try the routine and see what will happened in the next 30 days!
;)

XOXOXO,
Galuh Fajriyah Galura

No comments:

Post a Comment