Thursday, July 25, 2013

Tips Merawat Rambut Berhijab

25 July, 2013

Helloooo everyone!
Long time no see. :p
Baiklah, masalah umum buat cewek-cewek berhijab itu letaknya di rambut. Ada yang ngeluh karena jadi suka rontok, ada yang ngeluh jadi ketombean. Well, sebenernya itu semua bukan gara-gara pakai hijab loh, bisa jadi karena salah perawatan yang dilakuin. ;)
Nah, setelah menganalisa (ecieeee) beberapa kebiasaan dari temen-temen yang memiliki keluhan pada rambut setelah berhijab ada beberapa tips umum;

1. Pastikan inner kerudung maupun hijab yang digunakan dalam keadaan bersih. Nggak harus dicuci setiap waktu, tapi nggak boleh juga kalau nggak pernah dicuci. Sewaktu-waktu aja. Dan kalau baru selesai dipakai, sebaiknya digantung diluar dulu supaya kena angin biar nggak lembab.
2. Keramas dengan rajin. Nggak harus tiap hari juga, minimal 2 hari sekali. Kadang karena pakai hijab, rambut terasa bersih, jadi malah bikin males keramas sering-sering. Nah jarang keramas juga bisa jadi faktor munculnya ketombe maupun kerontokan.
3. Keramas di sore hari setelah beraktivitas. Mungkin sebagian dari temen-temen banyak yang suka keramas pagi. Kalau saya lebih prefer keramas sore, setelah beraktivitas rambut kotor, maka keramas. Selain itu juga supaya sewaktu tidur, bantal nggak kotor sama rambut yang kotor. Sebenernya alasan lain saya memilih keramas sore itu karena saya sering flu kalau keramas pagi. :D
4. Lakukan ritual treatment rambut lainnya bila perlu. Creambath, hair spa, de el el juga boleh banget dilakuin. Selama itu merupakan perawatan rambut, yang nggak berpotensi merusak. Selain bikin bersih, itu sama dengan merawat apa yang Allah berikan sama kita. ;) Well, lagipula sekarang udah banyak tersedia produk yang dijual di pasaran untuk digunakan sendiri (nggak perlu ke salon), pakai bahan-bahan alami yang tersedia di rumah juga bisa loh. ;)
5. Perhatikan penggunaan ikat rambut maupun jepit saat mengenakan hijab. Kadang penggunaan ikat rambut yang terlalu kuat membuat kepala jadi pusing. Lebih disarankan menggunakan jepit, ataupun dengan menggunakan scarf dibandingkan dengan menggunakan ikat rambut yang terlalu ketat dan menyiksa rambut. :) 

Nah, gimana? Udah mulai ngeh sama apa yang sering dilakuin, seperti malas keramas misalnya? ;)
Jangan lagi donk, Islam cinta kebersihan, maka kita juga harus menjaga kebersihan diri kita sendiri.
Selain itu penting juga loh merawat apa yang telah Allah berikan. Psstt.. Sebetulnya kita (yang telah berhijab), sangat beruntung. Hijab yang dipakai menutup kepala, melindungi rambut kita dari paparan sinar matahari, maupun dari polusi. Rambut kita nggak gampang bau dan pastinya terlindungi jadi nggak jadi merah ataupun bahkan kata di berita kemungkinan kena kanker kulit karena terpapar matahari. Alhamdulillah, banyak manfaat dari mentaati perintah Allah. :)

Selamat mencoba!

XOXOXO,
Galuh Fajriyah Galura

No comments:

Post a Comment